Ini dia tiga spot favorit warga Bandung untuk 'Ngabuburit'

Ini dia tiga spot favorit warga Bandung untuk 'Ngabuburit'
Alun-alun Kota Bandung.

RAGAM - Bulan Ramadan selalu identik dengan 'Ngabuburit' sesaat sebelum berbuka puasa. Tak ketinggalan pula warga Kota Bandung juga menghabiskan waktu sebelum azan magrib untuk Ngabuburit.

Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Arief Prasetya mengatakan Bandung memiliki banyak tempat Ngabuburit yang kerap dikunjungi masyarakat. Berbagai taman tematik menjadi spot favorit menanti waktu berbuka puasa bersama teman atau keluarga.

"Yang paling banyak dikunjungi itu yakni Taman Alun-alun Bandung, Alun-alun Ujung Berung dan Cibeunying Park," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Keamanan (Diskamtam) Kota Bandung, Arief Prasetya, saat dihubungi.

Dari sejumlah taman publik yang disediakan Pemkot, Arief menyebutkan Taman Alun-alun Kota Bandung masih menjadi pilihan utama tempat Ngabuburit.

Hal tersebut menurut Arief berdasarkan hasil evaluasi pemkot terhadap antusiasme warga. Di mana sore hari banyak warga yang mendatangi dan berkumpul di sana.

Adapun jam kunjungan warga ke sejumlah taman publik tersebut biasanya pada pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Waktu-waktu itu merupakan jam ramai warga mencari tempat singgah nyaman untuk berbuka.

"Ramainya sekitar sore menjelang magrib, bahkan ada diantara mereka yang sengaja berbuka di sana, atau sekadar membatalkan setelah puasa seharian," kata Arief.

Bukan hanya dari jumlah warga yang datang, tempat-tempat favorit Ngabuburit juga dilihat dari volume sampah yang meningkat di sejumlah taman tematik.

Untuk menjaga kebersihan dan keamanan taman, Arief mengaku telah menempatkan sejumlah petugas di lapangan. Meski demikian, ia mengimbau gar warga tetap bisa menjaga kebersihan dan keutuhan ragam fasilitas yang ada di berbagai taman tersebut.

Untuk memenuhi kelengkapan fasilitas ibadah, ia berharap dapat mewujudkan layanan masjid keliling. Sehingga pengunjung tetap bisa Ngabuburit tanpa kerepotan mencari tempat ibadah.

"Untuk mobile masjid sekarang ini memang belum dilakukan, kami harap fasilitas itu tersedia sehingga pengunjung bisa tetap beribadah di taman," tukasnya. (merdeka.com)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index